Wednesday 9 March 2016

SIKLUS SDLC Systems Development Life Cycle


Dalam proses pengembangan sistem melalui beberapa tahapan, mulai dari perencanaan sistem sampai sistem tersebut diterapkan yang disebut SDLC.
Di dalam System Development Live Cycle (SDLC) terdapat 5 tahapan yang dilakukan dalam proses  membangun sebuah sistem informasi, yakni sebagai berikut:



1.         Perencanaan sistem (System Planning)
Dalam tahapan ini mempelajari konsep sistem dan permasalahan yang ingin diselesaikan. Tahapan ini lebih menekankan studi kelayakan pengembangan System. apakah sistem baru tersebut realistis dalam masalah pembiayaan, waktu, serta perbedaan dengan sistem yang ada sekarang.

2.         Analisis system (System Analysis)
Merupakan Tahapan proses investigasi terhadap sistem yang sedang berjalan dengan tujuan untuk mendapatkan jawaban mengenai pengguna sistem, cara kerja sistem dan waktu penggunaan sistem. Dari hasil proses analisa ini akan didapatkan cara untuk membangun sistem baru yang lebih baik. Mengklasifikasikan masalah, peluang, dan solusi yang mungkin diterapkan untuk kasus tersebut. Analisa kebutuhan pada sistem dan membuat batasan sistem. Mendefinisikan kebutuhan sistem.

3.         Perancangan Sistem (Sistem Design)
Merupakan tahapan penentuan cara kerja sistem dalam hal architechture design, interface design skema database dan spesifikasi file, dan program design. Hasil dari proses perancangan ini akan didapatkan spesifikasi sistem atau SRS (Software Requirement Specifications).

4.          Implementasi Sistem (System Implementation)
Tahap berikutnya adalah implementasi yaitu mengimplementasikan rancangan dari tahap-tahap sebelumnya dan melakukan uji coba. Dalam implementasi, dilakukan aktivitas-aktivitas sebagai berikut: Pembuatan database sesuai skema rancangan. Pembuatan aplikasi berdasarkan desain sistem.  Pengujian dan perbaikan aplikasi (debugging).

5.         (Penerapan) Deployment
Pada fase ini sistem atau aplikasi yang sudah dianggap lulus dari tahap testing diserahkan ke pihak Client yang juga melakukan pengecekan sistem. Oleh karena itu fase ini juga dikenal sebagai fase User Acceptance Test (UAC), kemudian pada fase ini juga akan dilakukan installasi sistem dan terkadang training kepada Client, terkait dengan pengoperasian aplikasi.


6.         Pemeliharaan Sistem (System Maintenance)
Merupakan tahap yang telah diimplemantasikan serta dapat mengikuti perkembangan dan perubahan apapun yang terjadi guna meraih tujuan penggunaannya.


Dalam siklus SDLC prosesnya dijalankan secara berurutan, mulai dari langkah pertama hingga langkah terakhir. Setiap langkah yang telah selesai harus dikaji ulang, terutama dalam langkah spesifikasi kebutuhan dan perancangan sistem, untuk memastikan bahwa langkah telah dikerjakan dengan benar dan sesuai harapan. Jika tidak maka langkah tersebut harus diulangi lagi atau kembali ke langkah sebelumnya.Systems Development Life Cycle

 Terima kasih, semoga bermanfaat... (^o^)


No comments:

Post a Comment